Opini

Antusiasme Masyarakat Rayakan HUT RI ke-75 di Masa Pandemi Covid-19

Written by Admin · 1 min read >

LOGO HUT RI KE-75
By Anwar

Meski terhadang pandemi Covid-19, tampaknya masyarakat tetap antusias menyambut Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-75. Memang betul bahwasanya tingkat penjualan pernak-pernik HUT RI menurun dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Namun, keinginan untuk tetap memeriahkan perayaan HUT RI masih bergema.

Bendera merah putih mulai berkibar di mana-mana. Kita tahu betul bahwa perayaan HUT RI selalu dimeriahkan dengan lomba-lomba. Namun, nuansa perayaan tahun ini lebih condong diisi dengan perlombaan-perlombaan yang memanfaatkan internet dan media sosial.

Pemerintah memfasilitasi hal ini dengan mengadakan lomba video bertema HUT RI ke-75 dengan total hadiah sebesar 1 miliar rupiah. Panduan lomba dapat diunduh dari link microsite hutri75.kemenparekraf.go.id. Karena masih berada dalam situasi pandemi, lomba tersebut dapat diikuti dari rumah saja.

Perlombaan tersebut merupakan salah satu inovasi dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-75. Masyarakat pun antusias untuk mengikuti lomba ini. Tak hanya berpartisipasi dalam lomba, beberapa hal unik juga dilakukan sebagai bentuk rasa sukacita dalam menyambut HUT RI ke-75.

Di Jawa Barat, ada masyarakat yang mewujudkan antusiasmenya dengan melukis bendera merah putih di atas batu kali. Warga Desa Jatipamor ini menjadikan kegiatan tersebut sebagai bukti kecintaannya kepada Republik Indonesia. Tak hanya melukis bendera, warga juga melukis gambar virus Covid-19 bertuliskan “Lawan virus Corona”.

Ada pula warga RT 08/05, Kelurahan Cipamokolan, Kecamatan Rancasari, Kota Bandung yang memeriahkan perayaan HUT RI ke-75 dengan melukis jalan pemukiman sepanjang 140 meter dengan aneka gambar yang indah. Hasilnya sungguh memukau.

Sedangkan di Sumatera Selatan, perlombaan tidak dilarang oleh Gubernur Herman Deru dengan syarat harus mematuhi protokol kesehatan. Beralih ke Papua, perayaan HUT RI ke-75 akan dikawal dengan pengamanan secara ketat untuk memastikan tidak terjadi masalah.

Di lain tempat, sebanyak 75 tokoh penting Sulawesi Selatan berencana akan membacakan puisi kolosal tepat pada 17 Agustus 2020. Tema besar yang diusung oleh tokoh-tokoh tersebut ialah Jaga Imunitas Bangsa. Hal itu menjadi salah satu cara yang kreatif.

Meski tak bisa berkumpul seperti HUT RI di tahun-tahun sebelumnya, perayaan kali ini akan sangat berkesan karena dihiasi dengan berbagai macam ide inovatif baik dari pemerintah maupun masyarakat Indonesia. Melalui partisipasi ini, semoga masyarakat bisa semakin solid untuk terus bersatu menyongsong kehidupan yang lebih baik.

https://feeds.feedburner.com/numpanglewat

Cara Beli Bitcoin

Admin in Berita, Opini, Tips
  ·   41 sec read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *