Opini, Tips

10 Kerja Sampingan Online 2021 yang Bisa Dilakukan di Rumah

Setelah tahun 2020 yang terasa berat, banyak orang menyadari pentingnya memiliki sumber pendapatan lain di samping gaji. Karena itulah banyak orang yang...

Written by Admin · 3 min read >
Numpanglewat

Setelah tahun 2020 yang terasa berat, banyak orang menyadari pentingnya memiliki sumber pendapatan lain di samping gaji. Karena itulah banyak orang yang akhirnya memulai untuk membangun bisnis atau memiliki usaha sampingan.

Selain membangun usaha sampingan biasa, Anda juga bisa membangun usaha sampingan berbasis online. Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan memilih usaha sampingan berbasis online. Utamanya adalah jangkauan pasar yang lebih luas dan tidak terbatas, baik secara jarak maupun waktu.

{tocify} $title={Daftar Isi}

Ke depannya, usaha berbasis online akan semakin berkembang. Jika saat ini Anda masih belum memiliki usaha sampingan online, Anda bisa memulainya sekarang. Ada banyak pilihan usaha sampingan online yang bisa Anda coba. Berikut ini adalah beberapa di antaranya: 

1. Usaha Sampingan Produk Rumahan Ramah Lingkungan

Kesadaran masyarakat akan produk yang ramah lingkungan semakin meningkat seiring waktu. Anda bisa memanfaatkan ini dengan membuat dan menciptakan produk rumahan yang ramah lingkungan. Misalnya dengan membuat kerajinan tangan kreatif dari sampah plastik. Banyak contoh kerajinan tangan kreatif cantik yang bisa dibuat dari sampah plastik, seperti tas, dompet, goodie bag, dan lain sebagainya.

Selain itu, Anda juga bisa membuat sabun atau produk ramah lingkungan lainnya. Tren zero waste membuat banyak orang menyadari pentingnya menjaga bumi. Karena itu, banyak dari mereka yang mulai beralih ke produk-produk yang lebih ramah lingkungan.

2. Usaha Sampingan Affiliate Marketing

Usaha affiliate marketing bisa dibilang merupakan usaha yang paling mudah untuk dilakukan. Dalam affiliate marketing, Anda perlu menemukan usaha yang memiliki sistem affiliate marketing. Selanjutnya, Anda perlu memasarkan produk yang mereka miliki dan membagikan kode referral Anda. 

Sistem affiliate marketing akan memberikan Anda sejumlah komisi untuk setiap orang yang membeli produk tersebut menggunakan kode referral Anda. 

3. Usaha Sampingan Jasa Laundry

Jika Anda tinggal di perkotaan, membuka jasa laundry bisa menjadi salah satu bentuk usaha sampingan dengan keuntungan yang menggiurkan. Mobilitas penduduk kota yang cenderung cepat membuat mereka seringkali tidak memiliki cukup waktu untuk mencuci baju. Dengan pengelolaan yang tepat, usaha laundry bisa menjadi peluang yang menarik untuk diambil.

Anda juga bisa menambahkan layanan pick up pakaian kotor dan antar pakaian bersih. Dengan cara ini, pelanggan akan merasa sangat terbantu. Selain itu, Anda juga bisa membuat website atau sosial media untuk mendukung usaha laundry Anda. Cara ini akan sangat membantu untuk meningkatkan kepercayaan dan jangkauan pelanggan Anda.

4. Usaha Sampingan Pembuatan Website

Kalau Anda memiliki keahlian dalam membuat website, usaha sampingan satu ini bisa menjadi pilihan yang menarik. Apalagi, website telah menjadi salah satu kebutuhan setiap pemilik usaha saat ini. Baik perusahaan besar ataupun usaha kecil dan menegah pasti membutuhkan jasa pembuatan website. Karena itu, jenis usaha sampingan ini bisa dibilang cukup menguntungkan.

5. Usaha Sampingan Mengajar atau Kursus Online

Kondisi pandemi membuat banyak orang semakin terbiasa dengan pertemuan via online. Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk membuat kelas belajar atau kursus yang berbasis online. Jika Anda memiliki kemampuan dalam bidang akademis atau mau berbagai keahlian yang Anda miliki kepada orang lain, Anda bisa mulai membuat usaha mengajar atau kursus sebagai usaha Anda.

Untuk memberi kursus atau pengajaran secara online, Anda bisa memanfaatkan aplikasi seperti Zoom, Google Meet, Google Classroom, dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk memastikan sinyal yang kuat di daerah Anda agar proses mengajar bisa berjalan lancar.

6. Usaha Sampingan Penulisan Konten

Semakin tingginya kebutuhan website, tentu saja setiap pemilik usaha juga perlu mengisi website yang dimilikinya dengan suatu konten. Jika Anda memiliki kemampuan menulis konten, Anda bisa menawarkan jasa Anda kepada para pemilik website dan menjadikannya sebagai usaha sampingan Anda.

Jika Anda memiliki kemampuan menulis bahasa asing, Anda juga bisa memanfaatkannya dengan membuka jasa menulis konten dalam bahasa asing atau mengambil tawaran pekerjaan dari luar negeri. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan penghasilan yang lebih besar lagi.

7. Usaha Sampingan Makanan Ringan

Siapa yang tidak suka makanan ringan? Hampir setiap orang pasti menyukai makanan ringan. Karena itu, penjualannya menjadi tidak terlalu sulit. Makanan ringan juga cenderung lebih mudah didistribusikan karena ukurannya yang tidak terlalu besar.

Ada berbagai jenis makanan ringan yang dapat Anda jual. Mulai dari makanan ringan dengan rasa gurih, manis, pedas, dan lain sebagainya. Jika Anda bisa memasak, Anda bisa membuat sendiri makanan ringan yang akan Anda jual. Selain itu, Anda juga bisa menjual makanan ringan tempo dulu dengan packaging yang lebih menarik untuk meningkatkan daya jualnya.

8. Usaha Sampingan Penerjemah

Selain menjadi penulis konten, usaha sampingan lain di bidang kepenulisan yang bisa Anda coba adalah menjadi penerjemah. Jika Anda memiliki kemampuan bahasa asing, pilihan usaha sampingan ini akan cukup menarik. Anda bisa menawarkan jasa terjemah dari bahasa asing atau ke bahasa asing yang Anda kuasai.

9. Usaha Sampingan Mainan Anak

Salah satu usaha yang memiliki return tinggi namun tidak banyak orang yang tahu adalah usaha mainan anak. Dengan pengelolaan yang tepat, usaha mainan anak bisa memberikan keuntungan yang berlipat ganda. Anda bisa mulai usaha mainan anak sesuai dengan modal yang Anda miliki saat ini. Lalu, seiring dengan peningkatan modal, Anda bisa mengembangkan usaha Anda secara bertahap.

Usaha mainan anak ini juga bisa Anda mulai secara online. Misalnya dengan membuat website atau dengan memasarkannya melalui status WhatsApp. Kemudian, Anda bisa membagikan demo cara memainkan produk mainan anak yang Anda miliki tersebut.

Saat ini, banyak ibu muda yang memiliki anak usia bermain. Kesadaran para ibu muda mengenai bermain sambil belajar ini juga relatif baik. Karena itu, jika produk Anda adalah mainan anak yang memiliki muatan edukasi, Anda bisa menjadikan para ibu muda ini sebagai target pasar Anda.

10. Usaha Sampingan Dropshipper

Salah satu alasan Anda membutuhkan usaha sampingan tentu saja karena ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Tapi bagaimana jika Anda tidak memiliki cukup modal? Usaha sampingan dalam bentuk dropshipper bisa menjadi solusi bagi Anda.

Usaha dropshipper bisa Anda lakukan tanpa harus menyiapkan stok terlebih dahulu. Bahkan, usaha ini juga bisa Anda lakukan tanpa modal. Namun, untuk melancarkan usaha dropship Anda, akan lebih mudah jika Anda menggunakan layanan M-Banking. Dengan begitu, akan lebih mudah bagi Anda mengecek mutasi dan melakukan pembayaran ke supplier Anda.

Itulah beberapa alternatif usaha sampingan online yang bisa Anda lakukan di tahun 2021. Meskipun disebut sebagai usaha sampingan, pada dasarnya semua usaha tetap membutuhkan perhatian Anda. Karena itu, pilihlah usaha sampingan yang Anda nyaman mengerjakannya agar tidak terasa terlalu berat saat menjalankannya.

https://feeds.feedburner.com/numpanglewat

Cara Beli Bitcoin

Admin in Berita, Opini, Tips
  ·   41 sec read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *